6 Cara Melatih Kura-Kura Peliharaan

melatih kura-kura darat

melatih kura-kura darat

Kura-kura adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang bisa dilatih. Namun, untuk dapat melatih kura-kura peliharaan, tetap tergantung pada sifat dan karakter masing-masing kura-kura. Perlu diketahui, bahwa memelihara kura-kura tidak hanya sebatas memberinya makan atau membersihkan kandangnya saja. Dengan sering memegangnya, berinteraksi dan melatihnya, makan kura-kura juga dapat menjadi akrab, jinak dan penurut. Pada dasarnya, kura-kura adalah hewan yang jarang disentuh karena ia hidup di alam liar. Namun, kedekatan manusia dengan kura-kura dapat terjalin secara perlahan dan bertahap, seiring dengan adaptasi yang berlangsung.

Beberapa Tips Melatih Kura-Kura

Berikut adalah beberapa tips melatih kura-kura peliharaan Anda supaya dapat menjadi hewan peliharaan kesayangan yang jinak dan penurut.

  1. Kura-kura adalah hewan yang mudah mengerti dan paham ketika ia diberi nama. Maka, sebaiknya berilah nama khusus untuk kura-kura Anda dan panggillah ia sesering mungkin. Dengan memanggil kura-kura dengan nama yang Anda berikan sesering mungkin, maka ia akan sadar dan tahu bahwa ia memiliki nama.
  2. Pendekatan yang paling sederhana dan mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajaknya bermain. Berikanlah mainan-mainan yang bersifat tidak berbahaya seperti bola kecil dengan cara meletakkannya didekat kura-kura Anda, lalu biarkan ia mendekat dan mencermati bentuk dan baunya. Sering-seringlah meluangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengan kura-kura Anda.
  3. Buatlah kura-kura Anda beradaptasi dengan sentuhan tangan Anda. Rajin-rajinlah untuk memegang dan menyentuhnya, supaya ia bisa merasakan sentuhan tangan majikannya dan menjadi terbiasa.
  4. melatih kura-kura indian star

    melatih kura-kura indian star

    Untuk pemberian makan, alangkah baiknya jika sekali-sekali Anda menyuapinya. Namun, perlu hati-hati supaya jari Anda jangan sampai tergigit. Hand feeding sangat baik dilakukan jika Anda memelihara kura-kura dari ia masih kecil. Hal semacam ini sangat mempengaruhi proses kedekatan antara Anda dengan kura-kura peliharaan Anda. Dengan begitu, akan terjalin ikatan antara majikan dengan hewan peliharaannya.

  5. Kura-kura yang sudah mengerti jika ia sedang dipanggil namanya, ia akan mendatangi Anda. Jika kondisi semacam ini sudah terjadi, biarkan kura-kura Anda berjalan mengelilingi rumah. Usahakan tetap mengawasinya dan jangan lalai. Apalagi jika di rumah, Anda juga memelihara binatang lain seperti kucing ataupun anjing. Setelah kura-kura berjalan mengitari rumah untuk beberapa saat, kembalikan lagi ia ke kandangnya.
  6. Hal terpenting dalam memelihara dan melatih kura-kura adalah dengan menunjukkan kasih sayang Anda sebagai tuannya. Merawatnya tak hanya sebatas memandanginya dan melihatnya saja atau hanya sekedar memberinya makan. Meski terkadang terdengar aneh, berbicara pada hewan peliharaan menjadi salah satu hal yang mampu mendekatkan kita pada hewan peliharaan kita. Mengajak kura-kura Anda mengobrol dan menghabiskan waktu dengannya adalah juga wujud kasih sayang Anda.

Tips melatih kura-kura diatas sebaiknya diterapkan pada saat kura-kura masih kecil. Supaya kedekatan antara tuan dan hewan peliharaannya terbina sejak ia kecil.

Deskripsi: Untuk menjalin ikatan dan kedekatan dengan kura-kura peliharaan, alangkah baiknya pemilik belajar untuk melatih kura-kura supaya jinak dan penurut.

baca juga artikel kami yang lain:

Perilaku Reproduksi Kura Kura Indian Star

Mengenal Kura Kura Indian Star

Mengenal Kura Kura Sulcata

Merawat Bayi Kura-Kura

 

Diperkenankan menyebarluaskan/meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 17 =