Cara Budidaya Clownfish (Ikan Nemo)

ikan nemo

ikan nemo/clownfish

Clownfish, atau yang biasa dikenal dengan sebutan ikan nemo atau ikan badut, adalah jenis ikan hias air laut yang saat ini cukup populer dipelihara. Tak hanya dipelihara, ikan yang memiliki nama latin amphiprion percula ini juga sedang marak dibudidayakan. Ikan badut yang memiliki keragaman warna seperti kuning, jingga, merah dan hitam ini merupakan ikan tropis yang hidupnya di perairan hangat yang cenderung jernih di area terumbu karang dengan kedalaman kurang dari 50 meter. Penyebarannya berada di wilayah Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Great Barrier Reef Australia.

Clownfish termasuk salah satu jenis ikan air laut yang dapat dipelihara dan dikembangbiakkan di akuarium rumah. Selain itu, ikan badut ini merupakan jenis ikan omnivora, sehingga mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan untuk budidaya clownfish.

  1. Wadah
    Untuk menempatkan induk clownfish, siapkan bak fiber atau semen dengan ukuran 100 x 120 x 100 cm beserta dengan instalasi air dan saluran pembuangannya. Usahakan menempatkan bak di tempat yang cukup cahaya sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk menghindari parasit yang menempel pada induk ataupun telur.
  1. Indukan
    Untuk hasil yang maksimal, induk clownfish yang digunakan sebaiknya berasal dari alam atau hasil pemijahan yang terseleksi dengan baik. Kualitas indukan dapat dilihat dari segi kesehatan, warna, jenis, dan ukuran. Clownfish yang baik untuk dipijahkan memiliki warna yang cukup terang dengan bentuh tubuh besar namun proporsional serta aktif berenang
  1. Perjodohan
    Perjodohan dapat dilakukan jika ikan badut sudah merasa mendapat pasangan yang cocok. Jika salah satunya merasa kurang cocok, maka akan terjadi perkelahian yang dapat menyebabkan kematian jika tidak segera dipisahkan. Untuk perjodohan, pilihlah nemo betina yang berukuran lebih besar daripada jantan. Masukkan keduanya dalam akuarium lalu lakukan sirkulasi air selama 24 jam untuk menjaga kualitas kondisi air.

    ikan nemo

    ikan nemo/clownfish

  1. Penanganan induk
    Pakan yang diberikan pada indukan clownfish haruslah pakan yang berkualitas. Hal ini sangat penting untuk menunjang proses pemijahan dan telur yang akan dihasilkan. Pemijahan terjadi pada siang hingga sore hari yaitu sekitar pukul 12.00-17.00. pada waktu itulah induk betina akan meletakkan dan menata telurnya pada anemon secara perlahan agar dibuahi oleh nemo jantan, dan dilakukakan berulang kali hingga pemijahan selesai. Biasanya, telur menetas menjadi larva setelah 6-8 hari.
  1. Pemeliharaan larva
    Untuk penanganan larva, sebaiknya diberikan pakan berupa rotifer yang sudah dicampur dengan nanochloropsis, karena sangat baik bagi pertumbuhan larva. Atau bisa juga dengan memberikan pakan larva udang saat larva ikan nemo sudah berumusr 1 minggu. Pemberian makan disesuaikan dengan kepadatan larva ikan. Setelah berumur 10 hari, larva siap dipindahkan ke dalam wadah lain untuk dibesarkan.
  1. Pembesaran
    Untuk membesarkan larva, diperlukan akuarium dengan sirkulasi air yang baik. Perhatikan jumlah pakan, kebersihan dan kualitas air untuk menjaga kesehatan ikan tersebut. Jika sudah besar, ikan dipindahkan ke wadah yang sesuai dengan ukurannya. Setelah itu, rajinlah memberi pakan berupa cacing renik/ pelet, udang renik, dan artemia selama 3 kali sehari. Ikan clownfish dapat dijualsetelah mencapai panjang minimal 2 cm. harga ikan clownfish sendiri untuk Ukuran 2-3 Cm = Rp. 30.000,  Ukuran 4-5 Cm = Rp. 45.000 sedangkan Ukuran 5+ Cm = Rp. 50.000

Itulah beberapa cara budidaya clownfish yang dapat dibagikan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Deskripsi: Hal penting yang harus diperhatikan dalam budidaya clownfish adalah memperhatikan kecocokan indukannya untuk menghindari perkelahian.

baca juga artikel kami yang lain:

Mengenal Ikan Nemo / Clown Fish

8 Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara (Bagian I)

Cara Memelihara Ikan Hias Air Laut

Diperkenankan menyebarluaskan/meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + eight =