Fakta Menarik Burung BlackThroat

burung black throat

burung black throat

Burung blackthroat adalah salah satu jenis burung finch yang cukup banyak diminati dan digemari oleh para pecinta burung. Burung asal Afrika ini memiliki nama latin Serinus Atrogularis. Orang-orang juga sering menyebutnya dengan sebutan yellow-rumped seedeater. Nama seedeater yang disematkan pada burung blackthroat ini dikarenakan mereka menyukai biji-bijian. Sedangkan nama Blackthroat berasal dari warna tubuhnya yang hitam tegas, yaitu di bagian lehernya sehingga tampak seolah-olah sedang mengenakan dasi. Berikut adalah ulasan singkat mengenai burung blackthroat, supaya Anda dapat mengenal seperti apa jenis burung seeseater ini lebih jauh.

Mengenal Satwa Unik Afrika, Burung Blackthroat

Salah satu fakta unik dan menarik dari burung blackthroat yang menjadikannya lain daripada yang lain adalah bahwa blackthroat memiliki bentuk tubuh yang kecil dengan warna hitam yang berada di lehernya, yang membuat kesan bahwa blackthroat adalah burung berdasi. Selain itu, suara kicau burung blackthroat juga tak kalah merdu dengan jenis burung lainnya. Alunan irama kicau yang merdu dan cenderung lama serta bervariasi, naik dan turun, tinggi dan rendah, dan tidak terputus-putus menjadikannya salah satu burung yang memiliki keunggulan tersendiri.

Di daerah asalnya, Afrika, burung blackthroat hidup di alam liar. Di benua Afrika, Anda bisa dengan mudah menemukannya di daerah hutan tropis (hutan kering), padang rumput dan savana. Untuk menunjukkan daerah kekuasaanya, burung blackthroat akan terbang mencari pohon-pohon yang tinggi dan hinggap di ranting-rantingnya, lalu setelah itu blackthroat akan mengeluarkan suara kicau yang amat keras, lantang, namun merdu. Hal itu dilakukan oleh blackthroat jantan untuk menarik perhatian lawan jenisnya, blackthroat betina. Burung blackthroat adalah salah satu burung yang memiliki sifat poligami. Yang berarti, satu blackthroat jantan dapat mengawini lebih dari satu blackthroat betina. Selain itu, blackthroat juga bisa dikawinsilangkan.

burung black throat

burung black throat

Karena suara kicaunya yang indah, kini burung yang memiliki ras yang sama dengan burung kenari ini sudah banyak bisa Anda jumpai di rumah-rumah, karena sudah banyak yang tertarik menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Burung pecinta makanan berupa biji-bijian dan sayur-sayuran ini memang tidak memiliki warna bulu yang sangat beragam seperti burung kenari. Namun, hal itu sama sekali tidak mengurangi keistimewaanya. Karakter burung blakthroat adalah bukan burung yang bersosial. Jadi tidak akan menjadi masalah jika Anda memelihara blackthroat tunggal di rumah Anda. Kelebihan lain yang dimiliki burung kecil ini adalah bahwa blackthroat memiliki mental yang cukup bagus dan bisa dipadukan dengan burung gelatik, kenari, herda sanger, dan mozambik. Suara kicaunya yang merdu dan indah serta speed yang rapatjuga dapat dijadikan sebagai suara master. Jika Anda ingin menggunakan suara burung blacthroat sebagai suara master, pilihlah blackthroat jantan. Karena suara kicau blackthroat jantan lebih bervariatif dan kuat, serta memiliki volume yang jernih dan bagus.

Harga black throat sendiri untuk saat ini anakan umur 1 bulan Rp 900 ribu, Indukan sepasang siap kawin Rp 3 juta dan blackthroat bahan belum siap kawin sepasang Rp 1,8 juta

Itulah sekilas informasi mengenai burung blackthroat. Semoga apa yang sudah diinformasikan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Deskripsi: Burung blackthroat adalah burung asal Afrika yang memiliki ras yang sama dengan burung kenari. Salah satu sifat unik burung blackthroat adalah berpoligami.

baca juga artikel kami yang lain:

Tips Beternak Blackthroat

Menjodohkan Blackthroat dan Sanger

Ukuran Ring Kaki Burung

Diperkenankan menyebarluaskan / meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + nine =