Penyebab Kucing Stres Dan Cara Mengatasinya

kucingpun bisa terkena stress

kucingpun bisa terkena stress

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat rentan mengalami stress. Biasanya kucing akan mengalami stress jika ia harus dihadapkan dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kucing peliharaan Anda menjadi stress.

  1. Tempat tinggal baru
    Biasanya, kucing yang baru saja diadopsi akan merasa stress ketika tiba di rumah. Kucing memang sering mengalami stress jika ia harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Fakta yang ditemukan, bahwa kucing yang masih anakan justru lebih cepat dan mudah meyesuaikan diri dengan lingkungan barunya jika dibandingkan dengan kucing yang sudah dewasa. Kucing dewasa ternyata membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan tempat baru. Ditambah lagi, jika dalam satu rumah terdapat kucing-kucing lain. Artinya, selain harus beradapatasi dengan tempat, ia harus beradaptasi dengan jenis kucing lain yang mungkin lebih dulu menjadi penghuni di tempat tersebut.

  1. Lokasi baru
    Lokasi baru yang dimaksud dalam hal ini adalah ketika Anda mengajak kucing peliharaan Anda yang baru jalan-jalan keluar rumah, seperti acara gathering catlovers, atau yang lain. Kucing mungkin akan mengalami stress ketika pertama kali diajak datang ke tempat seperti itu. Namun, jika sudah terbiasa, maka ia akan mudah berbaur dan beradaptasi.
  1. Perjalanan jauh
    Hal lain yang mungkin membuat kucing stress adalah ketika Anda mengajaknya perjalanan jauh. Apalagi jika itu perjalanan jauh pertama yang ia alami.
  1. Kawin di tempat yang baru
    Hal semacam ini lebih sering terjadi pada kucing betina. Ketika kucing betina sedang birahi dan ingin dikawinkan, lalu Anda mengajaknya ke tempat kucing jantan lain dimana ia akan dikawinkan, biasanya kucing betina akan merasa stress.
  1. Sulit beradaptasi dengan kucing lain
    Jika kucing peliharaan Anda yang baru mengalami kesulitan beradaptasi dengan kucing-kucing Anda yang lain, biasanya ia akan mudah mengalami stress. Selain itu, kucing-kucing ini akan sering bertengkar.

Setelah mengenali beberapa penyebab kucing bisa mengalami stress, sekarang akan dibahas bagaimana cara mengatasinya.

  1. ketakutan menjadi penyebab kucing stress

    ketakutan menjadi penyebab kucing stress

    Saat Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing baru, sebaiknya Anda mengajaknya berjalan-jalan terlebih dahulu di sekitar rumah baik di dalam ataupun di luar. Dengan begitu Anda membantunya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang akan ia tinggali.

  2. Sangat penting selalu meluangkan waktu dan bermain bersama kucing peliharaan, misalnya dengan bermain tali, bola, atau permainan ringan dan menyenangkan yang lain.
  3. Hindari untuk meletakkan kucing Anda di dalam kandang karena hal itu hanya akan membuat kucing merasa dikurung, dikucilkan, dan kurang diperhatikan.
  4. Usahakan selalu melakukan kontak fisik dengan kucing peliharaan Anda seperti sering mengelu-elusnya agar ia merasa nyaman dan terbiasa dengan sentuhan tuannya. Sentuhan tersebut juga dapat menumbuhkan rasa percaya antara kucing dan manusia.
  5. Jika Anda hendak mengajak kucing jalan-jalan, apalagi jika perjalanan tersebut cukup jauh, sebaiknya letakkan kucing ke dalam catargo atau keranjang.
  6. Usahakan selalu memberi makanan pada kucing berupa makanan yang ia sukai. Untuk itu, Anda bisa menanyakannya pada penjual atau pemilik lamanya tentang makanan kucing apa yang disukai oleh kucing itu.

Itulah beberapa informasi tentang penyebab kucing stress dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Deskripsi: Kucing adalah hewan yang rentan mengalami stress karena ia sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Karena itu, penting bagi pemilik untuk selalu memperhatikannya.

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

One Response to Penyebab Kucing Stres Dan Cara Mengatasinya

  1. […] Penyebab Kucing Stres Dan Cara Mengatasinya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 8 =