Menetaskan Telur Kura Kura

menetaskan telur kura-kura

menetaskan telur kura-kura

Proses penetasan telur kura-kura adalah langkah selanjutnya yang harus disiapkan setelah proses perkawinan terjadi. Telur kura-kura yang ditetaskan adalah harapan bagi pemilik/ peternak agar bayi kura-kura dapat bertumbuh kembang dan hidup dengan baik. Banyak pemilik/ peternak kura-kura yang melakukan proses penetasan telur kura-kura dengan cara buatan. Namun, tidak sedikit juga yang masih membiarkan telur kura-kura tersebut menetas secara alami. Para pemilik/ peternak kura-kura yang menetaskan telur kura-kura dengan cara buatan, bertujuan untuk mengatasi seleksi alam seperti, iklim dan cuaca yang tidak menentu yang tentu saja berpengaruh pada calon kura-kura nantinya, atau juga serangan predator.

Untuk dapat menetas, telur kura-kura membutuhkan waktu sekitar 3-5 bulan lamanya. Namun hal tersebut juga tergantung pada kondisi telur, lingkungan sekitar, serta jenis kura-kura yang dibudidayakan. Untuk menetaskan telur kura kura, beberapa media yang dapat digunakan adalah pasir, tanah, dan vermiculite. Dari ketiga hal tersebut, vermiculite adalah media yang paling baik dan direkomendasikan untuk penetasan telur kura-kura.

menetaskan telur kura kura

menetaskan telur kura kura

Tidak sedikit peternak kura-kura yang menetaskan telur kura-kura peliharaannya dengan cara buatan. Hal ini bertujuan supaya kura-kura yang menetas berjumlah lebih banyak dengan masa hidup yang cukup lama. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan untuk menetaskan telur kura kura.

  1. Siapkan terlebih dahulu media penetasan seperti, pasir, tanah atau vermiculite. Anda bisa membeli vermiculite di toko penjual tanaman. Setelah itu, masukkan vermiculite dalam wadah plastic, dan simpanlah di tempat yang aman dari serangan predator ataupun hujan.
  2. Masukkan telur kura-kura yang akan ditetaskan ke dalam wadah yang sudah berisi vermiculite tersebut. Kedalaman mengubur telur kura-kura adalah sekitar 10-20 cm, atau bisa beberapa sentimeter saja, yang terpenting suhu tetap terjaga. Kisaran suhu yang diperlukan untuk penetasan telur kura-kura ini sekitar 26.7 – 28.9 derajat celcius. Jika suhu semakin dingin, maka telur akan semakin lama menetas.
  3. Untuk membantu proses penetasan, bisa menggunakan inkubator pada media penetasannya.
  4. Setelah semua proses dilakukan, Anda dapat menunggu telur kura-kura sampai menetas kurang lebih sekitar 3-5 bulan.

Jika dilakukan dengan kehati hatian, menetaskan telur kura kura akan memberikah hasil yang lebih maksimal. Meski banyak peternak yang melakukan proses penetasan buatan, namun masih ada para peternak yang ingin menetaskan telur kura-kura peliharaannya dengan proses alami. Jika dibandingkan dengan proses penetasan buatan, pada proses penetasan alami cenderung lebih sering mengalami kekurangan jumlah kelahiran atau bahkan kegagalan.

Untuk proses penetasan alami, kondisi lingkungan yang baik cukup mempengaruhi kualitas telur yang akan ditetaskan. Lingkungan yang mendukung proses penetasan alami adalah cukup persediaan air dan pasir sebagai media telur. Serta menjaga telur dari hujan, genangan air dan gangguan lainnya. Setelah itu, tunggulah sampai kura-kura menetaskan telurnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menetaskan telur kura-kura. Semoga apa yang telah disampaikan dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Deskripsi: Untuk meminimalis tingkat berkurangnya kelahiran atau kegagalan, banyak peternak kura-kura yang menetaskan telur kura-kura dengan cara buatan.

baca juga artikel kami yang lain

Perilaku Reproduksi Kura Kura Indian Star

Mengatasi Kura-Kura Malas Makan

6 Cara Melatih Kura-Kura Peliharaan

 

Diperkenankan menyebarluaskan/meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

One Response to Menetaskan Telur Kura Kura

  1. dedy s says:

    Beli bayi kura kura dimn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + twenty =