Bahasa Tubuh Kucing

bahasa tubuh kucing

bahasa tubuh kucing

Seperti layaknya manusia, kucing pun juga memiliki cara tersendiri untuk berkomunikasi. Kucing menggunakan bahasa tubuh untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan sesuatu, baik itu hal yang dia inginkan ataupun informasi yang ingin ia sampaikan pada manusia. Oleh karena itu, sebagai pemilik/ pemelihara yang baik, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari dan memahami bahasa tubuh kucing agar komunikasi dan kedekatan Anda dengan kucing peliharaan Anda terjalin dengan baik.

Mempelajari Dan Memahami Bahasa Tubuh Kucing

Banyak yang mengatakan, bahwa kucing melakukan komunikasi dengan sesame kucing ataupun dengan manusia dengan menunjukkan bau, suara, dan juga gerak-gerik tubuhnya. Melalui hal-hal seperti itulah, mereka menyampaikan keinginan dan perasaan mereka pada sekitarnya.  Tujuan dari mempelajari bahasa tubuh kucing ini adalah supaya pemilik dapat mengetahui kondisi kucing peliharaannya dan apa yang ingin disampaikan oleh si kucing. Berikut adalah cara memahami bahasa tubuh kucing berdasarkan gerak-gerik bagian tubuhnya.

  1. Mata Kucing. Sikap kucing peliharaan Anda bisa dilihat dari matanya. Perlu diketahui, bahwa mata kucing adalah jenis mata yang sangat bisa mengekpresikan banyak hal. Hal yang paling mudah untuk mengetahui perasaan seekor kucing adalah dengan melihat matanya. Itulah salah satu indikator perasaannya.  Jika mata kucing sedang mengedip lambat, itu menandakan bahwa ia sedang menikmati situasi yang santai dan menyenangkan. Namun, jika pupilnya mengecil, itu menandakan bahwa ia sedang stress. Jika kucing menatap tanpa mata berkedip, hal ini menandakan bahwa ia sedang mencoba mengintimidasi lawannya dengan menunjukkan kepercayaan dirinya. Jika kucing Anda sedang dalam keadaan semacam ini, sebaiknya jangan menyentuh atau mendekatinya. Pupil kucing yang membesar menandakan bahwa ia sedang ketakutan, marah, ataupun ingin tahu. Biasanya hal ini terjadi ketika ia sedang berada di dalam ruangan dengan keadaan yang gelap atau remang.

  1. Telinga Kucing. Dibutuhkan kejelian untuk kucing yang menggunakan telinganya sebagai media berkomunikasi dengan kita karena biasanya mereka melakukannya dengan cukup cepat. Jika telinganya terlihat melipat ke samping, itu menandakan mereka siap melindungi diri dari serangan ataupun justru tunduk dan patuh. Jika telinganya mengarah ke belakang, hal itu menandakan bahwa ia sedang marah dan ingin menyerang.
  1. ekor dapat menggambarkan emosi seekor kucing

    ekor dapat menggambarkan emosi seekor kucing

    Ekor Kucing. Sebagian orang berpendapat bahwa ekor adalah indikator paling mudah untuk memahami perasaan kucing. Jika ekornya terlihat tegak lurus ke atas, itu menandakan kucing sedang dalam suasana gembira. Sedangkan ekor yang tegak lurus dan ujungnya melenting, biasanya menandakan kucing dalam keadaan senang namun waspada. Ujung ekor yang bergerak lambat menandakan bahwa kucing sedang berkonsentrasi penuh dan memperhatikan sesuatu. Namun, jika ujung ekornya bergerak cepat, ini merupakan pertanda bahwa ia merasa terganggu dengan sesuatu yang ia perhatikan tadi. Kenyamanan kucing biasanya ditunjukkan dengan ekor yang berayun ke kanan ataupun ke kiri. Hal ini berlaku baik ia sedang nyaman dengan kucing lain ataupun dengan manusia. Jika ekornya berayun dari satu sisi ke sisi lain namun tak beraturan, saat inilah ia siap mengambil tindakan. Biasanya, kucing menjadi lebih agresif.

Itulah beberapa cara memahami bahasa tubuh kucing dilihat dari bagian-bagian tubuhnya. Semoga apa yang telah diinformasikan dapat bermanfaat.

Deskripsi: Untuk dapat menjalin kedekatan dan komunikasi yang baik dengan kucing peliharaan, pemilik/ pemelihara sebaiknya belajar memahami bahasa tubuh kucing.

baca juga artikel kami yang lain

7 Fakta Unik Kucing Persia

Mengenal Kucing Persia

Pentingnya Vaksinasi Pada Kucing

Mengenal Kucing Bengal

 

Diperkenankan menyebarluaskan/meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + nine =