Mengenal Kucing Bengal

motif bulu kucing bengal dianggap menyerupai leopard

motif bulu kucing bengal dianggap menyerupai leopard

Kucing Bengal yang sangat mirip dengan kucing blacan ini adalah hasil keturunan perkawinan silang antara kucing asian leopard dengan kucing American shorthair. Kucing langka ini berasal dari California, Amerika Serikat. Nama Bengal pada kucing ini didapat dari nama ilmiah kucing hutan yaitu felis bengalensis. Kucing Bengal termasuk salah satu kucing yang diincar oleh para pecinta hewan, karena keunikan dan kelangkaanya. Meskipun kucing ini terlihat seperti hewan liar, namun  Bengal termasuk kucing hutan yang jinak.

Keunikan Kucing Bengal.
Ras kucing Bengal ini didaftarkan ke federasi TICA pada tahun 1983. Lalu pada tahun 1991, Bengal untuk pertama kalinya diperkenalkan di Perancis.  Karakteristik kucing Bengal ini adalah hobi bermain air. Saking senangnya bermain air, kucing ini akan membasahi sekujur tubuhnya dan bermain-main ketika ia melihat air disekitarnya. Selain itu, Bengal juga dikenal sebagai hewan yang aktif, cerdas, dan mudah beradaptasi dengan sekitar.

anak kucing bengal

anak kucing bengal

Kucing asal California, Amerika Serikat ini mempunyai badan dengan ukuran yang panjang dan memiliki otot, bulu yang tebal, halus dan rapat, serta tulang yang cukup tebal dan besar. Ciri fisik Bengal tidak jauh berbeda dengan induknya yaitu kucing asian leopard yang gagah. Bengal betina memiliki berat badan sekitar 4-5 kilogram, sedangkan Bengal jantan memiliki berat badan sekitar 10 kilogram. Seperti leopard, corak warna bulu kucing Bengal didominasi oleh warna cokelat dan hitam yang memiliki garis horizontal dibagian pundak dan lingkaran menyerupai bentuk cincin pada bagian ekornya, dan ujung ekor yang berwarna gelap. Memiliki hidung yang besar dengan warna merah bergaris hitam, leher yang panjang, besar dan berotot, mata yang cukup lebar dan besar serta telinga yang meruncing ke atas, membuat kesan buas dan menakutkan pada kucing ini. Namun sebenarnya, kucing Bengal adalah kucing yang jinak dan tidak buas sama sekali.

Karena keunikan fisik dan silsilahnya, kucing ini termasuk jenis kucing hutan langka yang jumlah populasinya di dunia masih sangat sedikit. Oleh karena itu, tak mengherankan jika harga kucing Bengal menjadi sangat mahal. Tinggi atau rendahnya harga seekor Bengal ditentukan oleh pola apa yang dimiliki oleh macan kecil ini. Pola yang dimiliki oleh Bengal ini ada dua macam yaitu spotted dan marble. Bentuk pola spotted adalah acak, namun ada juga yang teratur horizontal. Ada bentuk yang menyerupai donat ataupun setengah donat, dan ada juga yang berbentuk panah. Sedangkan pola marble biasanya membentuk pola kayu, bisa juga menyerupai batu marmer.

Harga kucing ini memang terbilang sangat fantastis karena untuk anakannya saja kita harus mengocek kantong kurang lebih Rp 6.000.000, sedangkan indukannya bisa mencapai sekitar 15-25 juta rupiah. Itulah informasi singkat seputar kucing Bengal. Bagi Anda yang tertarik memilikinya, semoga informasi tersebut bermanfaat.

Deskripsi: Kucing Bengal saat ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati oleh para pecinta hewan karena memiliki keunikan dan kelangkaan yang menarik.

baca juga artikel kami yang lain

8 Tips Membeli Kucing Ras

Menangkarkan Kucing Ras

Mengenali Karakter Kucing Anggora

6 Spesies Kucing Jenis Asli Indonesia (LOKAL)

 

Diperkenankan menyebarluaskan / meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 4 =