Penyakit Kucing dan Penanganannya

kucing sakit Kucing merupakan hewan peliharaan yang imut, manis dan berbulu lembut menggemaskan. Kucing rumahan merupakan sejenis mamalia karnivora dari keluarga felidae. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan terpopuler di dunia. Dalam perkembangannya kucing dibedakan menjadi 2 jenis, yakni kucing ras dan kucing campuran, jumlah kucing ras hanyalah 1 % dari seluruh populasi kucing di dunia, sisanya adalah kucing campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. Sekarang banyak orang yang memelihara hewan ini baik untuk diperdagangkan atau hanya sebagai peliharaan. Berbicara tentang kesehatan merupakan hal yang paling sering diperbicangkan baik di media sosial maupun di lingkungan kita. Kesehatan pada kucing kesayangan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Tentunya makanan yang sehat, kebersihan kandang adalah syarat penting agar kucing kita terjaga kesehatannya. Pemberian makanan yang dikonsumsi si kucing dengan cukup dan berkulitas dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Selain itu, kandang kucing harus dibersihkan  secara rutin agar si kucing terhindar dari penyakit. Namun bila kucing kita terlanjur sakit, maka Anda perlu segera melakukan tindakan pengobatan ringan terhadap si kucing.

            Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kucing yang sering terjadi dan bagaimana cara pengobatannya, diantaranya:

Penyakit Pada kulit Kucing

            Kutu merupakan penyebab penyakit kulit pada kucing kita selain jamur atau parasit. Memang terlihat sederhana, namun akan membuat kucing jadi tak enak dipandang dan nyaman untuk dipegang. Kucing pun tentu akan menderita sebab tak mendapat sentuhan kasih sayang dari kita sebagai pemiliknya. Untuk pencegahannya, dianjurkan  secara rutin mandikan kucing dan jaga kebersihannya. Selain itu, pastikan pula kandangnya bersih setiap saat. Anda dapat mengoleskan tipis tipis lotion anti jamur atau bila jumlah kutunya banyak, maka mandikanlah kucing dengan menggunakan shampo anti kutu atau dapat pula memberi bedak anti kutu secara merata keseluruh tubuh si kucing. Untuk anakan kucing yang usianya masih dibawah 3 bulan, sebaiknya konsultasikanlah penanganannya dahulu dengan dokter hewan.

kucing sakitInfluenza pada Kucing

            Seperti halnya dengan manusia, kucing  juga rentan terhadap influenza. Faktor utama Influenca ini adalah faktor cuaca, hal ini biasanya disebabkan karna daya tahan tubuh kucing dalam kodisi lemah. Penyakit kucing ini hampir sama dengan flu pada manusia yakni pilek serta bersin-bersin. Influenza pada kucing ini tentunya tidak akan meyebabkan kematian pada kucing dewasa akan tetapi dapat  berakibat fatal bila hal ini terjadi pada anak kucing yang masih kecil. Untuk pencegahannya, anda dapat segera mengeringkan bulu kucing bila basah lantaran kehujanan ataupun dikarenakan bermain air.

Psychogenic Abnormal Feeding Behaviour

            Sering disebut juga penyakit psikologis pada kucing. Penyakit kucing ini ditandai dengan gejala si kucing  mempunyai obsesi yang berlebih terhadap makanan dan biasanya akan jadi lebih agresif bila ada makanan atau ia akan mengeong keras-keras bila telah tiba waktunya makan. Penyebab utama adalah tidak tepatnya waktu pemberian makan pada kucing kita sehingga kucing selalu dalam kondisi kelaparan. Untuk mengatasinya disarankan agar kita sebagai pemilik kucing selalu memberikan makanan dalam jumlah yang cukup dan waktu yang tepat agar kucing tidak mengalami kondisi kelaparan.

baca juga artikel kami yang lain

Virus Toxoplasma Dan Kucing

10 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula

Feline Calicivirus : Penyakit Menular pada Kucing

6 Spesies Kucing Jenis Asli Indonesia (LOKAL)

 

Diperkenankan menyebarluaskan/meng-copy paste artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber www.pet-lovers.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − six =